Rabu, 22 Juli 2015

Cara Membuat Kanvas Lukis

TEKNIK MEMBUAT KANVAS SENDIRI
Melukis adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang punya hobi melukis. Namun apabila sudah dihadapkan dengan alat dan bahan yang harganya relatif mahal, kita agak enggan juga. untuk mengantisipasi hal ini dapat kita lakukan dengan misalnya membuat kanvas sendiri yang tentunya dengan mutu yang bagus pula.

Untuk membuat sebuah kanvas sederhana diperlukan beberapa bahan, diantaranya :
1.     Kain blacu atau kain prisma (kain batik) atau kain kiloan yg serupa dengan jenis kain                          marsoto, kain yg berbahan katun.
2.     Spantram yaitu rangka kanvas atau pembentang kain

3.     Lem putih yang mengandung PVAc ( Poly Vinil Acetat ) atau lem kayu














4.      Kalsium atau semen mil
5.      Kuas.
6.       Air secukupnya.
Cara Membuat Kanvas Sederhana
Kain balacu/lainnya dibentanggkan pada spatram kemudian disteples/dipaku sampai kencang, baru kita membuat bahan laburan utk menutupi pori-pori kain yaitu ada 2 cara:
A. Lem putih di beri air panas lalu campurkan dengan kalsium atau semen mil kemudian di kocok hingga larut dan di usahakan agar encer karena klo kental nanti kanvasnya pada retak, setelah jadi laburi kain tersebut dengan kuas sebanyak 3 tahap pengeringan artinya ketika melabur kain tersebut sudah kering lalu laburi kembali kainnya sampai 3 kali laburan. Setelah kering kain kanvas siap utk di lukis.
B. Cat tembok di campur dengan lem putih dengan perbandingan 1(cat Genting) : 2 (lem Putih) setelah itu di beri air (bukan air panas) secukupnya di usahakan tetap encer lalu laburi pada kain yg sudah panteng dengan kuas hingga rata sebanyak tahap pengeringannya 3 kali. Setelah itu siap utk di lukis.
C. Meskipun kain murah tapi pengolahan laburannya ingin berkualitas tinggi, bisa dengan bahan:
1. Aquaproof
2. Binner(bahan sablon)
3. Latex / pasta ruber
4.Cat genting.
5. zinkwhite + lem PVAc
Gunakan salah satu atau gabungkan semua bahan tersebut lalu laburi kanvas dengan kuas hingga merata.
Tunggu hingga kering, dan kanvas siap dipakai...
Selamat mencoba.